Wawancara ke Polres Pamotan

KENAKALAN REMAJA

     Dalam blog kali ini saya akan membahas tentang kenakalan remaja yang mengarah ke konflik sosial. Apakah kalian tau apa itu kenakalan remaja? Kenakalan remaja adalah segala perbuatan melanggar aturan dalam masyarakat yang dilakukan remaja. 

     Kenakalan remaja yang sangat sering di jumpai seperti Berkelahi, keluyuran, bolos sekolah, pergi dari rumah tanpa pamit, berkendara tanpa SIM, mengambil barang orangtua atau orang lain tanpa izin, menonton video porno, mabuk-mabukan. Ada 3 hal yang menyebabkan kenakalan remaja bisa terjadi yaitu keluarga, pergaulan, dan remaja itu sendiri.

     Nah kali ini pada Sabtu, 4 Maret 2023 saya dan kelompok saya datang ke Polsek pamotan dengan tujuan untuk wawancara tentang kenakalan remaja yang ada di sekitar pamotan.

     Berdasarkan apa yang disampaikan Pak Polisi yang kami wawancarai, kenakalan remaja yang terjadi saat ini khususnya ada di sekitar wilayah Pamotan adalah: 
1. Berkelahi
2. Ngeblong saat jam sekolah/bolos sekolah
3. Balap liar
4. Pacaran
5. Hamil diluar nikah 

     Tetapi kenakalan tersebut saat ini sudah mulai agak berkurang. Kenakalan itu termasuk dalam batas wajar, karena dari dulu sampai sekarang perbuatan seperti itu wajar, tapi sekarang sistemnya sudah mulai berubah sudah mulai beralih sekarang menjadi teknologi yaitu beralih ke Android.

     Biasanya lokasi yang sering ditemukan tindak ketidakdisiplinan remaja berada di jalan raya seperti tidak memakai helm dan juga berbonceng tiga. Berbonceng 3 termasuk kenakalan remaja karena hal tersebut tidak sesuai dengan undang-undang. Biasanya kenakalan remaja seperti ngeblong atau bolos sekolah ditemukan di warung kopi.

     Kebanyakan ini terjadi di luar jam pelajaran contoh dulu saya (polisi) saat jam-jam olahraga (class meet) itu biasanya yang terjadi karena tidak ada jam pelajaran dan bisa direncanakan. 

Kenakalan remaja yang merusak fasilitas umum seperti: 
coret coret tembok dan perkelahian. Perkelahian biasanya tidak memperhatikan lingkungan jadi juga termasuk tindakan yang merusak fasilitas umum.

Kasus yang sering ditangani Pihak Kepolisian seperti:
perkelahian , balap liar, hamil di luar nikah. Hamil diluar nikah biasanya terjadi karena pacaran yang menjurus ke pergaulan bebas .

Cara mengatasi:
Memberikan sosialisasi/gambaran dampak positif negatif kepada anak-anak supaya jangan sampai melakukan itu atau dengan pihak kepolisian datang diundang ke sekolah, memberi gambaran supaya tidak sampai melakukan itu, juga memberikan pengertian tentang kenalan remaja.

Proses penertiban:
Di depan umum biasanya mengadakan operasi bersama masyarakat atau satpol PP

Dampak konflik sosial:
Biasanya dibully lalu biasanya mereka melanjutkan sekolah di rumah.

     Demikian bolg kali ini semoga bermanfaat ambil baiknya buang buruknya. Sekian dan terima kasih.

Postingan populer dari blog ini

Terasi Rebon Dasun

Gerabah Balongan